Salah satu bisnis yang tumbuh subur dan diperkirakan akan tetap bertahan dalam jangka waktu lama adalah rental mobil di Bali. Hal ini disebabkan pemerintah setempat sangat concern terhadap eksploitasi potensi wisata alamnya. Hampir
seluruh daerah di Bali memiliki obyek wisata yang sangat indah dan dikelola dengan baik. Dan karena banyaknya pengunjung yang berlibur ke pulau ini dengan menggunakan pesawat atau kapal laut, maka mereka membutuhkan sarana transportasi untuk berkeliling.
Karena
peluang bisnis rental mobil di Bali sudah banyak yang menjalankan, maka persaingannya cukup tinggi. Bahkan jika tidak memiliki nilai lebih, maka biasanya tidak laku. Nilai lebih yang dimaksud di sini adalah fasilitas layanan pelanggan. Ada yang menerapkan harga sudah termasuk fee driver dan bahan bakar kendaraan (BBM), bekerjasama dengan
pengelola hotel di Bali, dan ada yang mengkombinasikan dengan paket tour, bahkan beberapa
rental mobil mewah melakukan modifikasi bagian dalam mobil dengan fasilitas yang membuat nyaman pelanggan seperti adanya sofa atau minibar di dalam mobil. Seluruh trik marketing yang saya sebutkan menjadi "alat" menarik perhatian pelanggan agar persewaan yang dikelola dijadikan pilihan utama dan direkomendasikan oleh pengguna.
Persaingan antar pengusaha rental mobil di Bali ini patut dicontoh wilayah lain. Teknik yang memanjakan pelanggan adalah praktek bisnis terbaik daripada bersaing yang menjatuhkan kompetitor dan menciptakan isu-isu negatif tentang pesaing. Toh, masyarakat sudah mulai dewasa dan paham mana yang terbaik bagi dirinya.